alasan bajak laut memakai penutup mata

Dari dulu ane selalu bertanya -tanya , kenapa Bajak laut identik dengan yang namanya penutup mata , Hampir semua film bajak laut yang pernah ane liat , sang bajak lautnya pasti menggunakan penutup mata . Dulu ane pernah beranggapan bahwa bajak laut memakai penutup mata karena sebelah matanya ditusuk oleh lawanya , tapi setelah dewasa, anggapan itu ane buang jauh-jauh , kenapa? masak iya, Semua bajak laut ditusuk sebelah matanya oleh musuhnya . Dan baru -baru ini, ane menemukan jawaban dari pertanyaan sulit tersebut . Jawaban ini ane dapat dari majalah Bobo .
Alasanya sangat simpel namun logis dan bisa dicerna dengan mudah menurut ilmu pengetahuan . Lalu apa lasanya bajak laut menggunakan penutup mata ? Alasanya adalah karena pengaruh cahaya . Lho? Benar, kok bisa ?. tentu saja bisa , pada jaman dahulu , kapal bajak laut belum dilengkapi dengan sistem cahaya seperti sekarang , sehingga kapal -kapal bajak laut tersebut tidak memiliki lampu . Hasilnya bagian geladak kapal dalam sangat gelap . Namun sebaliknya, geladak kapal bagian atas justru sangat terang, hal ini karena pantulan sinar matahari langsung mengenai bagian geladak atas . Lalu apa hubunganya dengan penutup mata ? Para Bajak laut menggunakan penutup mata agar matanya bisa langsung beradaptasi dengan keadaan tersebut . Bayangkan saja , setelah melihat cahaya yang terang ( geladak atas ), tiba- tiba mata harus langsung melihat ruangan gelap gulita yang minim cahaya (geladak bawah). Maka dari itu para bajak laut memerlukan penutup mata agar bisa cepat beradaptasi dengan keadaan tersebut .